Pengertian ERP (Enterprise Resource Planning) dan Contohnya: Odoo ERP

Pada zaman sekarang demi menciptakan kinerja perusahaan yang produktif, kebanyakan perusahaan menginginkan pekerjaan lebih cepat selesai, dengan waktu yang efisien, dan memiliki keinginan semuanya saling terintegrasi. Mendapatkan laporan kinerja masing-masing karyawannya dengan cepat. Tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk mendapatkan laporan dari masing-masing divisi atau karyawan. Cukup hanya dengan di depan monitor, kita sudah bisa mendapatkan semuanya dalam waktu singkat.

Ada satu solusi terbaik untuk bisnis Anda, hanya dengan satu system, Anda bisa mendapatkan semuanya, yaitu dengan menggunakan sistem ERP.

Apa itu sistem ERP ?

Pengertian ERP System

Enterprise Resources Planning (ERP) adalah sebuah sistem yang membantu untuk mengatur proses bisnis dalam suatu kesatuan yang terintegrasi seperti marketing, produksi, pembelian dan accounting dan menyimpan semua transaksi dalam suatu database yang digunakan perusahaan serta menyediakan manajemen reporting tools.(Brady, Monk dan Wagner 2001).

ERP menggabungkan beberapa fungsi manajemen ke dalam sistem yang terintegrasi dan memfasilitasi semua arus informasi pada fungsi manajemen tersebut. ERP ini dirancang untuk mengotomasikan proses-proses dasar pada seluruh organisasi melalui database terpusat dan menghilangkan kebutuhan sistem yang berbeda yang dikelola oleh berbagai unit kerja dalam suatu organsasi.

Contoh Sistem ERP

Adapun salah satu contoh dari sistem ERP yaitu Odoo ERP

Odoo adalah aplikasi ERP yang didirikan oleh Fabien Pinckaers pada tahun 2002 di Belgia dengan menggunakan perusahaan Open ERP S.A, aplikasi ini  mempunyai fitur atau modul diantaranya : HR, CRM, Sales, Purchasing, Accounting, Manufacturing dan masih banyak fitur lain yang sangat berguna bagi kepentingan perusahaaan.

Odoo merupakan software yang mempunyai cakupan yang besar untuk kebutuhan pelanggan karena:

·        Odoo menawarkan full suite of business apps yang dibutuhkan oleh perusahaan besar, dengan  pemakaian secara user friendly

·        Odoo merupakan aplikasi yang fleksibel dan full integrasi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

·        Odoo merupakan aplikasi open source, sehingga dapat disesuaikan dengan bisnis proses dari perusahaan.

Odoo dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman python yang merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek.

Odoo ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki ambisi dan keinginan untuk meningkatkan performansi dalam bidang manajemen. Sistem manajemen ini dapat membantu dan mempermudah segala sesuatu mengenai manajemen. Odoo tidak membatasi jenis, kategori dan skalabilitas perusahaan-perusahaan yang akan menggunakannya karena odoo dapat diaplikasikan baik pada bidang, sector maupun segala jenis skala perusahaan.

Modul apa saja yang ada di Odoo ERP ?

Berikut beberapa modul yang ada di Odoo ERP

Sales

Modul Sales memungkinkan kita untuk mengelola dan mengklasifikasikan pesanan penjualan pada system structural dan hierarkis. Memungkinkan kita untuk membuat pesanan baru dan melihat pesanan yang sudah ada. Konfirmasi pesanan dapat memicu pengiriman barang, faktur dan waktu yang ditentukan oleh pengaturan dalam setiap pesanan.

Dalam modul ini perusahaan bisa mendapatkan suluruh informasi tentang penjualan (sales) hanya dalam satu layar saja, dapat melakukan kontrol terhadap pemesanan dan pengiriman barang serta dapat mengetahui operasional yang dilakukan oleh pelanggan.

Purchase

Modul ini memungkinkan perusahaan untuk mencari vendor (penjual) dari harga penawarannya dan mengkonversikannya menjadi pesanan pembelian. Odoo memiliki beberapa metode pemantauan dan pelacakan faktur penerimaan barang yang dipesan. Perusahaan dapat menangani pengiriman barang yang partial, sehingga dapat mengetahui barang yang masih akan diantar. Odoo juga memungkinkan system untuk menghasilkan secara otomatis draft pembelian.

Manufacturing

Dalam modul ini terdapat double entry stok untuk mempermudah traceability, melakukan kontrol terhadap biaya dan margin proyek, produk dan partner, serta mudah untuk menjalankannya. Diintegrasikan dengan accounting untuk transaksi secara otomatis. Bisa diintegerasikan dengan HR Management untuk mendapatkan ketersediaan resource.

Inventory

Modul ini menyediakan fungsionalitas untuk mengatur multi warehouse. Untuk tiap lokasi warehouse, lokasi input, lokasi output dan lokasi stok dapat didefinisikan.

Accounting dan Finance

Modul ini terintegrasi dengan financial accounting, analytic accounting, third party management, taxes management, budget dan asset. Odoo juga memiliki lebih dari 50 modul tambahan dalam accounting seperti electronic bank account.

Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem ERP (Enterprise Resource Planing) adalah suatu sistem untuk mengatur semua kinerja bisnis yang saling terintegrasi satu sama lain sehingga memudahkan dalam mengelola kinerja bisnis perusahaan. Baik itu dari segi efisiensi waktu dan sumber daya manusia. Ada begitu banyak aplikasi ERP yang ada didunia ini, salah satunya yaitu Odoo ERP. Adapun beberapa modul Odoo ERP mencangkup Sales, Purchase, manufacturing, inventory, HR, Accounting dan Finance.

Jika masih bingung dengan modul-modul Odoo ERP apa saja yang Anda butuhkan. Jangan ragu untuk bertanya kepada penyedia solusi Odoo ERP yang tepat. Invosa Sytems memberikan konsultasi gratis bagi Anda yang ingin mengimplementasikan Odoo ERP pada bisnis Anda.