Sistem Manufaktur dalam Dunia Industri-Production

Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat bergejolak untuk setiap bisnis di Indonesia, bahkan seluruh dunia. Hampir setiap perusahaan perlu beradaptasi dengan satu atau lain cara untuk mengubah portofolio produk, mulai berjualan secara daring, atau mengalihkan kantornya dengan bekerja di rumah (work from home). Banyak acara fisik & konferensi dialihkan secara daring

Kelola proses produksi secara mudah dengan Software Manufacture dari Invosa Systems. Lacak Work in Progress, sumber daya, rencana produksi dan total pembiayaan secara otomatis, membuat dan menentukan Bill of Material (BoM) dari product, mengatur jadwal manufacturing Order, mengatur schedule work order dan laporan realisasi produksi.

Odoo • Text and Image
Odoo • Image and Text

Solusi ERP memungkinkan manajemen yang efisien dari semua proses manufaktur untuk memastikan produktivitas dan output berkualitas tinggi. Odoo adalah perangkat lunak ERP open source  yang menyediakan fitur untuk mengelola proses secara efektif dengan berbagai macam modul, salah satunya yaitu modul manufaktur. Dengan implementasi modul Odoo Manufaktur, pengguna akan dapat mengelola proses produksi yang kompleks, merencanakan pesanan, mengelola tagihan bahan, memonitoring kegiatan karyawan di pabrik dan melacak pesanan dengan mudah. Tidak perlu terjun langsung ke pabrik, hanya cukup dengan di depan monitor, Anda bisa melihat semuanya.

Dalam modul ini terdapat double entry stock untuk mempermudah tracebility, melakukan control terhadap biaya dan margins proyek, product dan partners dan mudah untuk menjalankannya. Bisa diintegrasikan dengan Accounting untuk transaksi secara otomatis, dan diintegrasikan dengan HR Management untuk mendapatkan ketersediaan resources.

Apa Manfaat dari Modul Manufacture?

Adapun manfaat dari Modul Manufaktur Odoo ini adalah:

1. Proses produksi tepat waktu

    Optimalkan mesin penggunaan material, dan manajemen staff untuk memenuhi order pelanggan secara efisien.


2. Pelaporan yang akurat

    Laporan proses analisis bisa dibuat dengan mudah untuk men ingkatkan efektivitas produksi yang akan datang.


3. Inventaris dan procurement terkontrol

    Stok level terpantau secara real-time dan proses procurement dapat diotomatiskan jika inventaris mulai habis.


4. Kalkulasi WIP otomatis

    Kalkulasi dan biaya keseluruhan Work In Progress (WIP) dapat dilakukan secara otomatis dan terintegrasi dengan sistem akutansi.


 Apasaja fitur-fitur yang ada di modul Manufaktur Odoo?

Adapun fitur-fiturnya yaitu:

  1. Production Management
    Atur manajemen waktu manufaktur dan telusuri kinerja karyawan, penggunaan material, dan hasil produksi.

  2. Routing Management
    Kelola rute kerja dan tunjuk PIC secara efektif agar produksi dapat berjalan sesuai rencana. Proses manufaktur bukanlah proses satu langkah, setiap pusat kerja memiliki waktu pengerjaannya sendiri. Rute dari setiap produk manufaktur bergantung pada proses pembuatannya. Bisnis dapat membuat satu perutean atau beberapa perutean untuk produk yang berbeda.

  3. Bill of Material (BoM)
    Tetapkan Bill of Material (BoM) setiap material dan hitung Bill of Material (BoM) tersebut dalam bill barang jadi secara otomatis. Bill of Material (BoM) adalah fondasi dari proses manufaktur. Ini adalah daftar bahan mentah atau bahan dan jumlahnya masing-masing yang diperlukan untuk membuat barang akhir. BoM menjelaskan produk komponen, kuantitas setiap produk dan proses yang diperlukan untuk memproduksi produk. Saat membuat pesanan manufaktur untuk produk tertentu, pengguna perlu memilih BoM yang sesuai dari daftar.

  4. Work Center
    Pusat kerja adalah tempat fisik di mana proses pembuatan yang berbeda dilakukan. Detail pusat kerja dapat dibuat dengan indeks kinerja. Data tersebut dapat digunakan untuk menganalisis efisiensi dan detail lainnya dari setiap pusat kerja.

  5. Work Orders
    Setelah pesanan pembuatan dengan rute tertentu dibuat dan dikonfirmasi, proses dalam rute tersebut terdaftar sebagai perintah kerja. Untuk menyelesaikan produksi, semua proses terkait yang tercantum dalam perintah kerja harus diselesaikan.

  6. Scrap
    Dengan implementasi modul manufaktur Odoo, Anda dapat membuat proses memo di setiap tahap lini produksi. Tombol memo terlihat di semua tahap lini produksi.

  7. Unbuild Orders
    Unbuild adalah fitur berguna dari modul manufaktur Odoo. Pengembang dapat mengurai produk ke dalam daftar materialnya. Ini sebenarnya adalah proses produksi terbalik.

  8. Reporting
    Fitur pelaporan modul Odoo menghasilkan laporan berwawasan. Anda dapat melihat berbagai jenis laporan tentang pesanan manufaktur, kinerja pusat kerja dan perintah kerja di bawah tab pelaporan. Hitung efektivitas penggunaan dan pemanfaatan mesin, peralatan, waktu, serta material secara otomatis (OEE).

  9. Manufacture Planning
    Kelola perencanaan produksi dan sumber daya, atur assembling, dan pantau prosesnya secara real-time.

  10. PPIC Management
    Monitor persediaan bahan baku, WIP, dan barang jadi, dan gunakan material sesuai dengan rencana produksi. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa Modul Manufaktur ini berfungsi untuk menyederhanakan berbagai proses manufaktur yang kompleks. Fungsinya meliputi perencanaan produksi, pengaturan  rute produksi, pengelolaan anggaran, pemantauan stok bahan baku dan barang jadi/ Lacak Work in Progress, sumber daya, rencana produksi dan total pembiayaan secara otomatis, membuat dan menentukan BoM dari product, mengatur jadwal manufacturing Order, mengatur schedule work order, laporan realisasi produksi dan masih banyak yang lainnya.

Jika masih bingung dengan modul-modul Odoo ERP apa saja yang Anda butuhkan. Jangan ragu untuk bertanya kepada penyedia solusi Odoo ERP yang tepat. Invosa Sytems memberikan konsultasi gratis bagi Anda yang ingin mengimplementasikan Odoo ERP pada bisnis Anda.